Halaman

Sabtu, 26 Februari 2011

Foto Sunset pakai Lensa Tele

Sunset biasanya dinikmati di pantai,,,karena area yang lapang sehingga matahari terbenam bisa dipandangi dengan puas tanpa ada elemen-elemen yang mengganggu. Nah, karena areanya luas, secara naluri biasanya ketika memotret sunset, kita menggunakan lensa sudut lebar (wide lens),hasilnya? Tergantung teknik fotografi kita. Tetapi secara umum, foto pemandangannya berhasil dan matahari dan pendaran warna hangat menjadi salah satu elemen yang menjadikan hasil foto menarik.

Tetapi, tidak ada salahnya bila berada di lokasi sunset,,,kita juga memberikan kesempatan untuk lensa tele kita berkontribusi. Siapa yang difoto? apakah mataharinya?...Nah, kalau itu tergantung kita. Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi pantai pangandaran,,,dan dapat kesempatan menikmati sunset di pantai baratnya. Setelah puas dengan lensa wide, saya langsung ganti ke lensa tele (saya pake lensa tele vario 80-200mm). Ternyata, menyenangkan sekali...lebih banyak subjek foto yang bisa kita eksplorasi. Tentunya dengan tetap menampilkan suasana sunset sebagai latar belakangnya.

DSC_7061
romantic sunset

Cara motretnya seperti apa?

Gampang sekali...

1. jadikan latar belakang sebagai patokan pencahayaan kita (ini kuncinya),,,agar suasana dan warna-warna hangat sunset tampil cerah sesuai aslinya...konsekwensinya subjek foto kita akan menjadi siluet.

2. silahkan menggunakan mode pencahayaan apa saja...boleh mode landscape, mode auto, mode prioritas A atau S...atau seperti saya,mode manual. Apapun pilihan anda pastikan,,,speednya agak dicepatkan (minimal 1/250 detik) untuk menghindari getaran tangan.

3. setelah itu, tinggal pilih subjek foto dan komposisi...jepret ...selesai sudah.

DSC_7023
perahu di tengah laut, bisa kita tampilkan siluet

DSC_7027
seorang wanita dan perahu.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar